A. Link Structure
Struktur
Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang
web designer. Dalam suatu organisasi apapun, pasti memiliki struktur
organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan antar halaman web,
sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman.
Keuntungan
struktur situs web yang dibuat dengan baik :
·
Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin
disampaikan kepada pengunjung situs.
·
Pengguna situs web dapat dengan mudah
memahami situs web.
·
Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang
akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
·
Dapat menurunkan biaya cost pengunjung
situs .
Struktur
Situs Web :
a.
Struktur Linear
b.
Struktur Grid
c.
Struktur Hierarki
1.
Struktur Linear :
a.
Struktur Linear murni :
·
Digunakan untuk situs-situs web yang
kecil, seperti personal page.
·
Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10
halaman.
·
Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang
bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
·
Kelemahan struktur jenis ini adalah
ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
·
Pada situs web yang besar struktur ini
masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti
halaman-halaman registrasi.
v Struktur
linear tambahan :
·
Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi
sama seperti struktur linear murni
·
Uraian ini cocok untuk membuat sebuah
penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.
·
Kelemahan struktur ini sama dengan
kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu
halaman tanpa melewati halaman berikutnya.
v Struktur
linear dengan halaman pilihan :
·
Pada struktur ini pengunjung diberi
pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman
berikutnya.
·
Struktur ini banyak digunakan pada
sebagian besar situs web yang ada.
·
Cocok digunakan untuk menamoilkan
informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang
tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.
v Struktur
linear dengan halaman alternatif :
·
Pada dasarnya sama dengan struktur linear
murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah
halaman.
·
Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari
struktur linear murni.
·
Struktur ini digunakan untuk isi situs
yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang
memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman
alternatif.
2.
Struktur Grid
·
Merupakan perluasan dari struktur linear
murni.
·
Struktur ini juga mengandung struktur
linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.
3.
Struktur Hierarki
·
Sangat banyak digunakan oleh sebagian
besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk
dikembangkan jika diperlukan.
·
Menggunakan sub-sub direktori dan
membentuk level-level ke bawah.
·
File-file yang memiliki karakteristik fungsi
yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
·
Pada struktur ini gambar-gambar yang
digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.
Jenis-jenis Struktur Hierarki :
1.
Struktur hierarki lebar/ wide hierarki
·
Merupakan struktur dasar dari bentuk
hierarki dimana terdapat sebuah halaman depan yang menghubungkan
halaman-halaman lain di dalam situs web.
·
Penempatan halaman-halaman selain halaman
depan diletakkan dalam satu level melebar.
·
Struktur ini sering digunakan pada
situs-situs web yang sederhana dimana sebuah halaman index yang menghubungkan
dengan halaman-halaman isi.
2.
Struktur hierarki pendek/ narrow hierarki.
·
Mirip dengan struktur hierarki lebar,
perbedaannya adalah struktur ini menempatkan halaman-halaman isi menjadi lebih
“dalam” atau lebih “masuk” ke dalam.
·
Sebagian besar situs web yang ada saat ini
menggunakan gabungan antara dua jenis struktur hierarki ini.
·
Perlu diperhatikan bahwa struktur-struktur
dasar ini tidak dapat diaplikasikan secara mentah-mentah karena penggunaan
struktur ini sangat tergantung kepada pembagian kategori isi yang akan
dijelaskan.
Small – World Network
Small
World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul
, namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak
nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world
network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang
dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional
dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:
Dalam
konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang
asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak
grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan
sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua
karakteristik small world network.
Social network sites
Pengertian
situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari
simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh
sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia
maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan disini (situs jejaring
sosial).
Analisis
jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan
jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga
negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah,
menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam
mencapai tujuannya.
dibawah
ini adalah salah satu situs jejaring sosial yaitu :
1.
MySpace
MySpace
adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman,
profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di
seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika
Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580
juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News
Corporation.
2.
Friendster
Friendster,
yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web
jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan
kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster.
Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari
teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster
dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa
beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya
juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.
3.
Facebook
Facebook
adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan
didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid
Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari
Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke
sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts),
Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam
Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan
berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya,
orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu,
.ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya
dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa
perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e
apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung
dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah
tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga
Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara
situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif
yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007,
peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak
dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli
situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
4.
Twitter
Twitter
adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan
fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks
dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat
elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan
pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kesuksesan Twitter
membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik
lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber
bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan
mirip dengan Twitter.
Dan
masih banyak lagi situs jejaringan sosial seperti, Hi5, LinkedIn, Fupei, weibo,
bebo, orkut, yahoo! meme, koprol, tumblr, plurk, google+, hello dan lain
sebagainya.
5.
Blogosphere
Blog
adalah sebuah laman web yang kemasukan-kemasukannya ditulis menurut urutan
kronologi dan dipaparkan dengan tertib terbalik.
Blog
memberikan ulasan atau berita mengenai sesuatu tajuk, umpamanya makanan,
politik, atau berita tempatan, dengan sesetengah blog berperanan lebih sebagai
buku harian peribadi dalam talian. Blog yang tipikal menggabungan teks, imej,
dan pautan ke dalam blog, laman web, dan media lain yang berkaitan dengan
topiknya. Keupayaan para pembaca untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format
interaktif merupakan ciri yang utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya
adalah blog teks, walaupun sesetengahnya bertumpu pada gambar foto (blog foto),
video (vlog), musik (blog MP3), atau audio (podcasting), dan merupakan
sebahagian rangkaian media sosial yang lebih luas.
Istilah
“blog” merupakan kata lakur untuk perkataan “web” dan “log” (Web log). “Blog”
juga boleh digunakan sebagai kata kerja yang membawa pengertian “untuk
memeliharakan atau menambahkan isi kandungan ke dalam blog.”
Pada
bulan Nov 2007, Technorati, enjin carian blog, sedang menjejaki melebihi 120
juta blog, meningkat dua kali ganda sejak awal Januari 2007.
PENGARUH
WEBSITE
1.
Periklanan
Iklan
adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha
dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik
sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari
promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.
Dampak
pesan yang ditimbulkan :
a.
Meningkatkan pemasaran produk.
b.
Iklan mampu memunculkan multiplier effect.
c.
Iklan tidak hanya menjadi ladang pekerjaan
baru yang memberikan keuntungan, tapi juga mampu menggerakkan ekonomi
masyarakat dan negara.
d.
Iklan ikut memberi andil meningkatkan
pembelian masyarakat.
e.
Menghidupkan industri barang dan jasa
karena ada peningkatan permintaan.
2.
Penjualan Online
Dalam
bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat
kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1.
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
2.
Terjadinya industrialisasi’.
3.
Produktifitas dunia industri semakin
meningkat kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan.
4.
Persaingan dalam dunia kerja sehingga
menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang
dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada
penyerapan.
Dalam
bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari
memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan
tersebut. Selain itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar
yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan
ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya
sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet
seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dll.
Internet
bukan hanya tempat untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan
sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini
disebut E-Commerce (electronic commerce). Munculnya istilah ini seiring dengan
semakin berkembangnya disiplin ilmu komputer dan internet. E-com ini dapat
diartikan sebagai pertukaran barang, jasa, dan atau informasi melalui medium
elektronik dengan imbalan uang yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan
credit card (kartu kredit). Rentang bisnis melalui internet ini mulai dari
pemesanan bunga untuk orang tercinta, jual buku, langganan majalah, sampai
pembayaran ribuan rupiah untuk pembelian chip processor yang akan digunakan
untuk komputer.
Langkah
pertama yang harus dilakukan oleh para pengusaha adalah membuat
"homepage" yang akan berfungsi sebagai toko di internet. Melalui
homepage ini ia dapat menyebarluaskan informasi mengenai perusahaan, pruduk,
dan pelayanan yang di tawarkan. Manfaat dari E-com itu sendiri adalah bisa
menurunkan pengeluaran tetap, karena perusahaan bisa menghemat jumlah pegawai,
dengan demikian juga pengeluaran untuk gaji dan infrastruktur fisik. Dan
sebaliknya, untuk konsumen E-com menawarkan kenyamanan lebih besar dan pilihan
lebih banyak untuk barang dan jasa yang akan dibeli dengaan harga lebih baik.
Daftar
pustaka:
http://subkikadrawi.blogspot.co.id/2013/06/dampak-ekonomi-pengaruh-web.html

Komentar
Posting Komentar