Animasi 3D Drak Can Sing
MAKALAH
DESAIN PEMODELAN GRAFIK
“SOFTSKILL “
DISUSUN OLEH :
CHRISTIAN LEONARD THAMRIN
FAHLEFI ACHMAD
IRFAN NUR CAHYO KUNCORO
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
KATA
PENGANTAR
Puji syukur dipanjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia yang tiada
henti-hentinya sehingga penulis masih diberi kesempatan untuk dapat
menyelesaikan Makalah Desain Pemodelan Grafik “Softskill” sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Manual Book ini mungkin masih
banyak kekurangan baik dari segi tulisan maupun materi. Untuk itu, saran dan
kritik yang bersifat membangun senantiasa penyusun terima dengan hati terbuka.
Semoga tulisan dari Manual Book ini dapat memberikan manfaat kepada pembacanya.
Akhir kata penyusun mengucapkan
terima kasih,Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kita semua.
Jakarta,
5 Januari 2019
Penyusun
Aplikasi
yang digunakan pada animasi ini adalah aplikasi MMD (Miku Miku Dance), palikasi
MMD sendiri memiliki 2 jenis bit yaitu 32 bit dan 64bit, kemudian MMD bersifat
open source, jadi dapat digunakan di berbagai platform. Berikut akan kami
jelaskan bagai mana cara membuat animasi bergerak 3d menggunakan MMD.
Langkah-Langkah Membuat Animasi :
1. Pertama
pada saat tampilan awal MMD akan tampil seperti berikut
2. Kemudian
pada kotak Model Manipulation kita pilih load untuk menampilkan Karakter/ model
yang akan digunakan untuk animasi.
Jika
muncul kotak dialog maka pilih yes
3. Maka
akan tampil seperti berikut
4. Pada
gambar diatas terlihat bahwa di objek terdapat lingkaran-lingkaran yang berguna
untuk memliih sendi yang bisaa digerakan. Untuk menggerakan objek maka pilih
sendi yang akan dipilih
5. Kemudian
untuk menggerakan maka atur pada kotak bone manipulation
Rotate
berguna untuk memutar sendi sendi pada objek
Move
berugna untuk memindahkan objek
6. Kemudian
untuk mengunci perpindahan objek maka masuk ke bone/frame manipulation
7. Piih
pada frame berapa bone akan berpindah, jika sudah maka ubah posisi objek
Menggeser
warna hijau artinya menggeser terhadap sumbu Y
Menggeser
warna Merah artinya menggeser terhadap sumbu X
Menggeser
warna Biru artinya menggeser terhadap sumbu Z
8. Jika
sudah menentukan perpindahan bone maka kembali ke kotak bone manipulation,
kemuidan pilih register.
9. Maka
pada bone/frame manipulation maka akan bretambah pada frame yang telah dipilih
Jika
ingin membatalkan register hanya klik tombol undo atau bisa juga ddengan Ctrl+Z
pada keyboard.
10. Kemudian jiak ingin menambahkan background
dengan cara pilih background, kemudian load background AVI file untuk
background berformat AVI dan picture gile untuk background berformat foto.
11. Kemudian
maka tampilan akan seperti dibawah ini
12. Kemudian
untuk menambahkan lagu dengan cara drag and drop lagu ke bone/frame
manipulation
Maka
ketika di klik play maka akan keluar lagunya
13. Untuk merender dengan cara pilih file kemudian
render to AVI file
14. Maka
akan keluar tampilan untuk memilih tempat file dan nama file jika sudah klik
save, maka akan keluar tampilan berikut
Pada
kolom recording masukan dari 1 – frame akhir yang tadi telah di buat kemudian
ok
15. Kemudian
akan keluar tampilan seperti berikut, maka animasi sedang dirender , jika sudah
maka window akan otomastis tertutup dan kembali ketampilan MMD, maka render
telah selesai
link untuk melihat hasil video : Dark Can Sing










Komentar
Posting Komentar