Animasi 3D Drak Can Sing


MAKALAH
DESAIN PEMODELAN GRAFIK
 “SOFTSKILL “


DISUSUN OLEH :
CHRISTIAN LEONARD THAMRIN
FAHLEFI ACHMAD
IRFAN NUR CAHYO KUNCORO


FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018

KATA PENGANTAR

         
Puji syukur  dipanjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia yang tiada henti-hentinya sehingga penulis masih diberi kesempatan untuk dapat menyelesaikan Makalah Desain Pemodelan Grafik “Softskill” sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Manual Book ini mungkin masih banyak kekurangan baik dari segi tulisan maupun materi. Untuk itu, saran dan kritik yang bersifat membangun senantiasa penyusun terima dengan hati terbuka. Semoga tulisan dari Manual Book ini dapat memberikan manfaat kepada pembacanya.

Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih,Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kita semua.
                                                                                               







          Jakarta, 5 Januari 2019
                                                                                                          
      
                                                                                             
Penyusun






Aplikasi yang digunakan pada animasi ini adalah aplikasi MMD (Miku Miku Dance), palikasi MMD sendiri memiliki 2 jenis bit yaitu 32 bit dan 64bit, kemudian MMD bersifat open source, jadi dapat digunakan di berbagai platform. Berikut akan kami jelaskan bagai mana cara membuat animasi bergerak 3d menggunakan MMD.

Langkah-Langkah Membuat Animasi :
1.    Pertama pada saat tampilan awal MMD akan tampil seperti berikut


2.    Kemudian pada kotak Model Manipulation kita pilih load untuk menampilkan Karakter/ model yang akan digunakan untuk animasi.

Jika muncul kotak dialog maka pilih yes
3.    Maka akan tampil seperti berikut

4.    Pada gambar diatas terlihat bahwa di objek terdapat lingkaran-lingkaran yang berguna untuk memliih sendi yang bisaa digerakan. Untuk menggerakan objek maka pilih sendi yang akan dipilih



5.    Kemudian untuk menggerakan maka atur pada kotak bone manipulation

Rotate berguna untuk memutar sendi sendi pada objek
Move berugna untuk memindahkan objek

6.    Kemudian untuk mengunci perpindahan objek maka masuk ke bone/frame manipulation


7.    Piih pada frame berapa bone akan berpindah, jika sudah maka ubah posisi objek


Menggeser warna hijau artinya menggeser terhadap sumbu Y
Menggeser warna Merah artinya menggeser terhadap sumbu X
Menggeser warna Biru artinya menggeser terhadap sumbu Z
8.    Jika sudah menentukan perpindahan bone maka kembali ke kotak bone manipulation, kemuidan pilih register.


9.    Maka pada bone/frame manipulation maka akan bretambah pada frame yang telah dipilih


Jika ingin membatalkan register hanya klik tombol undo atau bisa juga ddengan Ctrl+Z pada keyboard.
10.  Kemudian jiak ingin menambahkan background dengan cara pilih background, kemudian load background AVI file untuk background berformat AVI dan picture gile untuk background berformat foto.



11. Kemudian maka tampilan akan seperti dibawah ini


12. Kemudian untuk menambahkan lagu dengan cara drag and drop lagu ke bone/frame manipulation

Maka ketika di klik play maka akan keluar lagunya

13.  Untuk merender dengan cara pilih file kemudian render to AVI file


14. Maka akan keluar tampilan untuk memilih tempat file dan nama file jika sudah klik save, maka akan keluar tampilan berikut
Pada kolom recording masukan dari 1 – frame akhir yang tadi telah di buat kemudian ok

15. Kemudian akan keluar tampilan seperti berikut, maka animasi sedang dirender , jika sudah maka window akan otomastis tertutup dan kembali ketampilan MMD, maka render telah selesai


link untuk melihat hasil video : Dark Can Sing






Komentar

Postingan Populer