User Interface dan AI
User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user
interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI
(Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek
dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang
terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard
(atau mouse) merupaka bagian dari user interface.
User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi
antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan.
Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme
inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk
pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk
Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari
sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.
Pada dasarnya user interface terbagi menjadi dua jenis yaitu Command Line
Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GPU). Command Line Interface
(CLI) merupakan proses pengguna memasukkan perintah berbasis tulisan atau
dengan mengetikkan perintah untuk menjalankan tugas tertentu.
Sedangkan Graphical User Interface (GPU) merupakan proses pengguna
memasukkan perintah dengan menggunakan menu grafis, secara umum GPU
dikembangkan untuk mempermudah penggunanya untuk berinteraksi dengan sistem
informasi. Tanpa disadari para pengguna aktif komputer dan perangkat elektronik
lainnya telah banyak menggunakan fitur Graphical User Interface (GPU) seperti
pada pemutar MP3,MP4 dan peranti game.
Perangkat lunak yang dapat membuat atau mengembangkan sebuah game yang
ingin kita buat dapat disebut game engine. Game ini dapat berbagai genre game
yang dapat Anda buat seperti Action, shooter, adventure dan sejenisnya.
Game engine menyediakan seperangkat alat pengembangan visual di samping
komponen software digunakan kembali. Alat-alat ini umumnya diberikan dalam
suatu lingkungan pengembangan terpadu untuk mengaktifkan disederhanakan,
perkembangan pesat dari permainan dengan cara data-driven. Mesin pengembang
Game upaya untuk “pra-menciptakan roda” dengan mengembangkan suite perangkat
lunak kuat yang mencakup banyak unsur pengembang game mungkin perlu untuk
membangun sebuah permainan. Kebanyakan mesin permainan suite menyediakan
fasilitas yang memudahkan pengembangan, seperti grafik, suara, fisika dan
fungsi AI. Mesin permainan ini kadang-kadang disebut “middleware” karena,
seperti dengan istilah naluri bisnis, mereka menyediakan sebuah platform
perangkat lunak yang fleksibel dan dapat digunakan kembali yang menyediakan
semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan, langsung dari kotak, untuk
mengembangkan sebuah aplikasi permainan sambil mengurangi biaya , kompleksitas,
dan waktu-ke-pasar-semua faktor penting dalam industri video game yang sangat
kompetitif. Gamebryo dan RenderWare adalah seperti program middleware banyak
digunakan.
Arsitektur Game
Adalah rancangan atau blueprint dari sebuah game. Sedangkan arsitektur mesin game adalah system perangkat
lunak yang dirancang untuk menciptakan
dan pengembangan video game. Dapat dikatakan
bahwa arsitektur mesin game itu adalah rancangan dari sistem
perangkat lunak dari game itu sendiri.
Beberapa elemen yang terdapat dalam game engine, yaitu:
Tools/Data
Pada pengembangan game paling tidak dibutuhkan beberapa tools seperti 3d
model editor, level editor dan graphics programs. Bahkan jika diperlukan,
seringkali kita mengembangkan game engine tersebut dengan menambahkan beberapa
code dan fitur yang diperlukan.
System
System adalah bagian dari game engine yang berfungsi untuk melakukan
komunikasi dengan hardware yang berada di dalam mesin. System adalah bagian
yang membutuhkan perubahan yang cukup banyak apabila dilakukan implementasi
pada platform yang berbeda. Di dalam system sendiri terdapat beberapa sub
system seperti graphics, input, sound, timer, configuration. System bertanggung
jawab untuk melakukan inisialisasi, update dan mematikan sub system yang
terdapat di dalamnya.
Console
Console dapat merubah setting game dan setting game engine di dalam game
tanpa perlu melakukan restart pada game tersebut. Console biasa digunakan dalam
proses debugging, seperti misalnya apabila game engine tersebut mengalami error
maka kita hanya mengoutputkan error message tersebut ke dalam console tanpa
harus melakukan restart.
Support
Support merupakan bagian yang sering digunakan pada system di galam game
engine. Support berisikan rumus-rumus matematika yang biasa digunakan, vector,
matrix, memory, file loader. Merupakan dasar dari game engine dan hampir
digunakan dalam semua project game engine.
Renderer/Engine Core
Renderer/engine core terdiri dari beberapa sub yaitu visibility, collision
detection dan response, camera, static geometry, dynamic geometry, particle
systems, billboarding, meshes, skybox, lighting, fogging, vertex shading dan
output.
Game Interface
Game interface merupakan layer antara game engine dan game itu sendiri.
Berfungsi sebagai control yang bertuuan untuk memberikan interface apabila di
dalam game engine tersebut terdapat fungsi yang bersifat dinamis sehingga memudahkan
untuk mengembangkan game tersebut.
The Game
Game merupakan inti dari penggunaan game engine sendiri, sehingga ini
tergantung bagaimana pengguna dalam mengembangkannya.
Referensi :


Komentar
Posting Komentar